Senin, 19 Maret 2012

Inspiratif Kamen Rider


Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai Kamen Rider series yang paling menjadi rujukan kamen rider series lainnya. Tentu saja seperti posting sebelumnya, penilaian ini pun hanya berkutat pada Kemen Rider era Heisei saja karena rasanya kurang fair juga menilik Kamen Rider era Showa juga, karena ya memang pengetahuan dan informasi yang saya terima selama ini hanya menganai Kamen Rider era Heisei saja. Baik langsung saja kita tilik manasajakah Kemen Rider yang paling banyak dicopy oleh Kamen Rider lain.

Kamen Rider Ryuki


Telah diketahui bersama bahwa Kamen Rider Ryuki dari awal kemunculannya telah menyuguhkan cerita yang sangat berbeda dari Kamen Rider series sebelumnya. Disini kebanyakan Rider mengambil form dari binatang binatang yang tidak biasa diambil menjadi form Kamen Rider lain. Biasanya form Kamen Rider didasari pada serangga namun kali ini form para Rider mengambil bentuk naga, kelelawar, banteng, harimau, ular dan sebagainya. Selain itu dunia Rider yang ada tidak terjadi di dunia nyata namun mereka bertarung di dunia cermin, jadi setiap akan bertarung harus masuk ke cermin dulu. Salah satu hal yang dicopy oleh Kamen Rider selanjutnya dari Kamen Rider Ryuki adalah cara perubahannya yang menggunakan kartu, hal ini jelas terlihat pada Kamen Rider series setelah Ryuki seperti Kamen Rider Blade, Decade, juga Kamen Rider Zeronos dalam seri Kamen Rider Don-O. Munculnya Ryuga(dark Ryuki) juga merupakan bahan rujukan Kamen Rider laian. Kamen Rider setelah Ryuki akan kemunculkan seri Dark dari Rider utamanya. Ohiya adanya suara tambahan saat bertarung juga merupakan hal kecil yang sering dicopy Kamen Rider selanjutnya. Disaat mengambil senjata atau memanggil monster atau jurus(pokoknya saat memasukkan kartu) aka nada suara seperti “swordto vento” “addo vento” “final vento” dan yang lainnya, hal tersebutlah yang sering ditiru oleh seri selanjutnya. Disini juga mulai diperkenalkan bahwa belt/sabuk tidak lagi muncul sesukanya, harus ada benda lain(dalam hal inis deck card) yang digunakan untuk memunculkan sabuk/belt.


Hal yang paling banyak ditiru dari Ryuki oleh Kamen Rider lainnya adalah pertarungan Ridernya. Disini digambarkan bahwa Rider tidak lagi murni sebagai pahlawan pembela kebenaran yang kerjaannya membasmi monster saja, namun juga terdapat konflik yang membuat para Ridernya saling bertarung, bahkan disini justru para Rider diharuskan bertarung hingga hanya ada satu Rider yang tersisa. Pada Kamen Rider series selanjutnya akan banyak terjadi Kamen Rider yang saling bertarung, walau tidak seperti Kamen Rider Ryuki dimana ada beberapan Rider yang penjahat asli(Ohja, Odin, Ryuga ataupun Scissor), namun cukup menggambarkan bahwa Kemen Rider tidak melulu membasmi monster saja kerjaannya.

Kamen Rider Faiz
Kamen rider lainnya yang sangat sering menjadi referensi adalah Kamen Rider Faiz. Walau konsep yang dibawakan tidak semenggebrak Ryuki namun Faiz merupakan salah satu refersi bagi Kamen Rider series selanjutnya. Kamen Rider Faiz memiliki cerita yang sangat kuat dan menarik, misteri dan intrik yang ada mengharuskan penikmatnya menonton setiap episodenya tanpa melewatkan satu episode pun. Walau beberapa hal Faiz mangcopy dari Ryuki(mungkin karena Ryuki duluan dibuat) seperti tokoh utamanya,Inui Takumi yang bukan pahlawan tulen(mungkin mirip dengan Rein di Ryuki) hal itu justru membuat Faiz menjadi lebih manusiawi dan ngak sok pahlawan, sama halnya dengan kaixa yang tidak100% baik. Cara henshin Faiz yang terkesan santai dan fleksibel(tanpa harus dengan gaya gaya) merupakan salah satu hal yang sering ditiru oleh Kamen rider lainnya. Henshin Faiz merupakan modifikasi dari Ryuki, dimana gaya Henshin yang sederhana dan tidak macem mecem. Faiz juga melakukan modifikasai henshin dari Ryuki. Cara henshin Ryuki adalah dengan menggunakan deckcard baru muncul sabuk, disini mulai diperkenalkan ada 2 item untuk melakukan henshin. Model henshin seperti itu kemudian desempurnakan Faiz dengan memunculkan 2 item(secara nyata) untuk henshin, yakni belt dan Faiz phone. Adanya 2 item untuk melakukan henshin inilah yang kerap ditiru oleh seri Kamen Rider selanjutnya.

Disini diperkenalkan kembali adanya sebuah organisasi(Smart Brain), yang dikatakan membuat Kemen Rider sistem yang ternyata dalang dari merajalelanya monster, dalam hal ini orponoch. Hal tersebut mengingatkan kita pada organisasi organisasi pada era Showa yang tujuannya menguasai dunia. Kamen Rider setelah Faiz akan sering menampilkan organisasi yang menjadi senter cerita, sepert BOARD dalam Kamen Rider Blade, ZECT diKamen Rider Kabuto, dan seri lainnya. Hal yang paling sering dijadikan rujukan ataupun dicopy oleh Kemen Rider selanjutnya adalah sosok monsternya(orponoch) yang tidak selalu jahat, bahkan ada juga yang memiliki perasaan dan ingin hidup berdampingan dengan manusia. Bahkan dalam salah satu plote juga mengambil peran dalam menghabisi monster jahat ataupun sesekali menjadi Kemen Rider, bahkan Faiz sendiri(Takumi) merupakan monster yang ingin membuang sisi monsternya dan tetap menjadi manusia. Baik monster yang memiliki perasaan dan ingin berdampingan dengan hanusia ataupun Kamen ridernya yang ternyata monster keduanya merupakan bahan rujukan untuk cerita Kemen Rider selanjutnya.


Kamen Rider Agito

Kamen Rider kedua yang muncul di era heisei ini memang dari segi kostum dan senjata seolah mengcopy dari Kuuga. Kamen Rider Heisei pertama atau yang muncul persis sebelum Agito. Namun dibalik kemiripan kostumnya ternyata ada bagian dari Agito yang dicopy oleh Kamen Rider setelahnya. Agito merupakan seri pertaman Kamen Rider era heisei yang memunculkan lebih dari satu Rider yang mengambil peran. Disini terdapat Kamen Rider Gills, Another Agito dan Agito sendiri, juga ada G3. Senter tokohnya memang masih berpusat pada Agito, namun Rider lainnya juga ikut mewarnai perjalanan cerita Agito. Selain itu mungki Agito merupakan Kamen Rider pertama yang ada Movienya, juga masuknya teknologi manusia dalam membuat Kamen Rider, dalam hal ini G3 merupakan hal lain yang menjadi inspirasi Kamen Rider Selanjutnya

Kamen Rider Kuuga
Merupakan Kamen Rider Heisei pertama yang muncul. Sebagai Kamen Rider pertaman Kuuga tentu saja memiliki kelebihan dibanding yang lain seperti keorisinilan cerita dan form. Hal yang sering menjadikan Kuuga inspirasi adalah pada sisi motornya, dimana motor Kuuga tidak hanya motor biasa(untuk dikendarai saja) namun juga merupakan motor multi fungsi dan dapat berubah bentuk. Disini Kuuga dapat berganti ganti menjadai bermacan macam form (mungkin terinspirasi dari Kamen Rider Balck RX) dengan senjata berbeda pula. Disini diperkenalkan adanya perkembangan kekuatan dari Kamen Rider melalui pertarungan dan adaptasi dengan musuh yang dihadapainya. Dalam seri ini juga dikenal adanya final form(Ultimate Kuuga) yang memiliki kekuatan terbesar dari form sebelumnya. Hal ini selalu kita temui pada Kamen Rider selanjutnya.Symbol Kamen Rider pertama diperkenalkan oleh Kuuga, hal ini wajar karena Kuuga dikisahkan adalah teknologi purbakala yang tentunya banyak terdapat simbol dan hurup hurup asing. Namun Kamen Rider selanjutnya selalu membuat simbol tersendiri untuk setiap Ridernya.


Pemeran Wanita
Telah kita ketahui persama bahwa unsure wanita merupakan kelebihan Kamen Rider Heisei dibanding Showa. Wanita atau dalam hal ini cewek (biar agak segeran) merupakan salah satu cirri di Kamen Rider Heisei, disetiap serinya pasti ada minimal 1 pemain pendamping perempuan. Bahkan dimovie Kamen Rider Ryuki, untuk pertama kalinya dimunculkan Kamen Rider perempuan/cewek, dalam kasus ini adalah kamen rider Fame. Well tak dapat dipungkiri lagi bahwa adanya cewek yang mewarnai cerita Kamen Rider merupakan salah satu unsur pemikat para penggemar Kamen Rider.

Mamang bagi penikmat Kamen Rider telah mengetahui Kamen Rider series mana saja yang banyak dijadikan rujukan seri selanjutnya maupun Kamen Rider yang banyak mengcopy seri seri sebelumnya, namun pada dasarnya rujukan sesungguhnya adalah Kamen Rider era Showa. Tentunya banyak hal yang ditiru dari era showa. Jadi dapat dikatakan era showa lah yang menginspirasi era heisai baik hal hal kecil maupun besar.
P.S.:Kamen Rider menurut saya akan terus berkembang dari waktu kewaktu. Hal tersebut akan membuat banyaknya fariasi cerita ditiap seriesnya. Pada artikel sebelumnya : http://genyezmloro.blogspot.com/2011/07/best-5-kamen-rider.html ditulis saat awal awal munculnya Kamen Rider 000 namun mengalami refisi dan kemunduran penerbitan. Sedangkan untuk artikel : http://genyezmloro.blogspot.com/2012/02/point-minus-kamen-rider-series.html Ditulis saat Kamen Rider Fourze seri 13 (setelah itu direfisi dulu) . Untuk artikel ini ditulis saat Kamen Rider Faourzen memasuki episode 25 (mundur terbit juga). Hal tersebut memungkinkan terjadinya banyak perkembangan dan fariasi kedepannya. Patut untuk dinantikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar