Jumat, 03 Februari 2012

POINT MINUS KAMEN RIDER SERIES


Bila sebelumnya telah dibahas Kamen Rider terbaik versi heisei(tahun 2000 keatas) maka untuk mengkomplitinya seharusnya ada juga pembahasan mengenai urutan Kamen Rider terburuk. Namun setelah lama dipikirkan ternyata susah banget untuk mengangkat tema tersebut. Alasan terbesarnya mungkin karena serial Kamen Rider dakatakan keren semua, lha wong idolaku dari kecil kok. Namun tetap saja jika diambil beberapa point negatifnya saja, tanpa melihat keseluruhan tentunya ada beberapa titik yang bisa diamati dan dibahas. Berikut adalah beberapa titik yang mustinya dikoreksi dari Kamen Rider series. Dan tentunya masih seperti dahulu, hanya menilik era heisei saja.

Maaf ya bagi pecinta Kemen Rider sejati yang mengikuti dari series Showa hingga sekarang, hal ini dikarenakan ya cuman Kamen Rider era henshin saja yang tak kenal.
  1. Kostum
Kostum dapat dikatakan sebagai “casing” dan menjadi ciri khas tiap Rider. Tentunya dalam tiap seriesnya menampilkan kostum yang berbeda antar Ridernya, yaaaa paling cuman mirip doank. Bisa dikatakan kostum merupakan factor penunjang yang besar selain alur cerita, pertarungan, dll. Namun dibeberapa Kamen Rider series memiliki kostum yang acak acakan dan amburadul. Yaitu :
  1. Decade

Sangat disayangkan sosok Kamen Rider Deced(kostumnya) yang tidak mecing sama sekali. Waktu awal kemunculannya, Decade merupakan satu satunya Kamen Rider yang bertahan dari pertempuran yang kacau, atau Kamen Rider yang mampu mengalahkan Kamen Rider heisei lain seorang diri. Tapi kenapa setelah terlihat wujudnya/formnya malah jadi ngak enak banget dilihat. Warna utamanya yang pink sangat tidak nyambung dengan cerita Decade dalam serialnya,ditambah garis garis di kepalanya yang makin mengacaukan suasana. Tidak jelas form Decade itu mengambil form apa. Decade disebut-sebut sebagai 'akuma' atau iblis yang akan menghancurkan dunia. Iblis kok kayak gitu, ngak masuk akal.

Bentuk ultimate formnya Decade pun bisa dikatakan sangat berantakan, mana pake PSP lagi. Tak piker wujud ultimatenya merupakan penggabungan dari semua wujud ultimet Rider yang lain. Ternyata malah cuman foto foto rider thok yang dipajang. Secara keseluruhan pun wujud ultimatenya ngak ada garang garangnya sama sekali, terkesan aneh.



  1. Hibiki

Jika ada yang melihat gambar Kamen Rider Hibiki tanpa tulisan penjelasnya pasti tidak mengira bahwa yang dia lihat merupakan salah satu dari keluarga besar Kamen Rider. Kostunnya ngak ada yang mencirikan bahwa dia adalah Kamen Rider. Ditambah lagi dengan finishingnya yang pake pemukul kembar, biasanya diKamen Rider lain kan pake pistol, tongkat, atau pedang lha disini kok stik drum buat senjata. Ada juga yang pake gitar segala(mungkin terinspirasi sama bang Haji Roma Irama yang digelari satria bergitar kali ya), ini mau basmi monster atau main band sich pada, finishingnya juga aneh aneh pake gitar lah, ngak jelas banget dilihatnya.

  1. Fourze
Merupakan serial Kamen Rider terbaru saat ini. Ceritanya pun belum sampai setengan jalah, saya saja baru nonton seri 13 kok. Namun walau demikian saya tidak ragu lagi memasukkan Fourze kedalam golongan Kamen Rider dengan kostum gagal. Lihat saja sendiri bentuk kostumnya yang bisa dikatakan aneh. Dengan kepala lincip menjadi cirik khas, dan tanpa asesoris tambahan (seperti pelindung bahu atau yang lain) kostum Fourze sudah mampu mengusik minat penikmat Kamen Rider. Ya semoga saja diepisode kedepannya ada perbaikan(secara drastis).




  1. Den-O
 
Walau tidak semua Rider di Den-O dikatakan jelek dari segi kostum namun perlu dicermati bahwa beberapa kostum Den-O yang kurang keren. Titik beratnya terdapat pada form Den-O yang pertama kali muncul(dan yang paling sering dipakai) yaitu Den-O Sword Form, nggak sekeren form Den-O yang lain, finishingnya juga kurang berasa kuatnya. Pergantian form nya pun membuat kesan bahwa Form Den-O itu cuman tempelan, bisa bongkar pasang, jadi yang asli cuman Den-O plat form. Untuk ultimate form Den-O pun dapat dikatakan norak, baik yang climax maupun liner. Climax form justru terlihat bagus saat uratarous finishing, saat hiasan kepala Axe,Gun dan Road form hilang(saat itu berada di kaki). Penambahan kekuatan kedua Form ini pun tidak terlalu jelas kelihatan, seakan kekuatannta kayak Form yang lainnya hanya beda bentuk saja.

  1. W(double)

Kostum Kamen Rider W hanya memiliki beberapa kelemahan saja, namun perlu juga dibahas. Konsep 2 warnanya memang dikatakan OK dan berbeda namun setiap berganti warna sangat jarang berganti form, walau kekuatannya berbeda tapi dirasakan bosen juga.





  1. Cerita
Yang termasuk dalam penilaian dari cerita disini meliputi banyaknya plotehole yang terjadi, finishing, alur, juga dasar historis Kamen Rider ataupun Monsternya. Langsung saja disimak

  1. Decade
Dapat dikatakan sebagai Kamen Rider dengan plotehole(keganjilan cerita) terbanyak, dari awal sampai akhir. Namun yang menjadi kekecewaan terbesar yaitu saat Decade berpindah dunia kedunia Kamen Rider lain maka dunia dari Kamen Rider tersebut dirubah dari konsep series terdahulunya. Kalo cumin pemerannya yang berubah ataupun cerita pendukungnya yang diubah sich bisa maklum, lha ini kadang ada dunia Kemen Rider yang berubah total dari cerita series aslinya, benar benar merusak acara Kamen Rider yang lainnya.

  1. Hibiki
Saya masih binggung menggolongkan Hibiki masuk Kamen Rider atau konsep super hero jepang baru ataupun Super sentai. Berubahnya pun nggak ada yang menggunakan sabuk, ada yang pakai gelang ditangan(mirip super sentai/power rangers) atau alat alat lain, yang jelas tanpa sabuk. Saat berubah pun seluruh Kamen Ridernya tidak mengucapkan "Henshin" namun ada yang menyebutkan nama Kamen Ridernya saja atau ada yang hanya diam gitu. Bahkan dalam ceritanya maupun dari pembnuat ceritanya nggak ada yang menyebut Hibiki cs sebagai kamen rider. Kenapa dia bisa masuk ke keluarga besar Kamen Rider YA?  Aneh banget. Memang plotehole dapat dikatakan jarang/dapat dimaklumi, tapi tetap saja kurang menarik diikuti, hanya berkutat disitu situ aja.

  1. Kiva
Penceritaan 2 waktu yang berbeda dalam satu series dari awal hingga akhir memang merupakan hal baru yang menarik. Hal tersebut menimbutkan berbagai misteri yang asik untuk disimak, namun sayang hal tersebut juga menyebabkan Kiva memiliki banyak plotehole plotehole kecil. Seperti aktifitas moster(fangire) dimasalalu yang baru dimusnahkan oleh Kiva dimasa depan yang seharusnya masih ada(diceritakan) tidak lagi diceritakan karena telah dikalahkan oleh Kiva di seri awal, adahal dimasalalu kan seharusnya belum mati. Juga ada monster yang dimasalalu sudah musnah malah muncul kembali dimasa Kiva. Hal lain yang patur disayangkan adalah pemeran Kiva(wataru) yang terlalu imut or baby face juga kepribadian dari Wataru(Kiva) yang seakan kuper dan tidak berwibawa, hal ini tidak sesuai dengan Kiva yang terkesan gahar.

  1. Den-O
Langsung saja ke point intinya, saya masih binggung mengenai keberadaan imagine, bagaimana terbentuknya serta tujuannya. Jika dikatakan tujuan imagine adalah merubah masalalu dan masa depan kenapa ada beberapa imagine yang menyerahkan kebebasannya kepada Ryoutarou(tokoh utamanya) dan apa yang terjadi jika imagine tidak mampu menyelesaikan misi/contrak dalam waktu tertentu. Darimana Ryoutorou mendapat sabuk advent untuk berubah menjadi wing form juga ngak jelas, masak tiba tiba dapet lantaran ada Seig(imagine wing form). Saat memeperolen Liner Form juga tidak jelas kekuatan darimana, tiba tiba aja ada. Terus kalo imagin sudah menyelesaikan kontraknya kan kemasa lalu, terus ngapain, masak cumin biki kerusakan thok, di seri awal dempat dimunculkan imagin yang telah mampu kemasa lalu tapi dia binggung mau ngapain setelahnya. Tujuan imagin SENDIRI kurang dijelaskan secara rinci.

  1. Kabuto
Kelemahan dalam Kamen Rider Kabuto adalah alurnya yang datar juga mengenai asal muasal kamen rider lain yang tiba tiba muncul dengan kekuatannya, tanpa dijelaskan bagaimana mereka mampu menjadi Kamen Rider. Kabuto yang digambarkan telalu kuat dan Tendo yang serba beruntung justru menyebabkan ceritanya menjadi agak membosankan. Terus beberapa Rider yang berubahnya tidak pakai sabuk. Saya rasa Tendou(pemeran Kabuto) digambarkan terlalu sempurna dan bisa apa saja, ohiya neneknya juga tidak pernah diceritakan. Kagami(pemeran Gatack) terlalu kekanak kanakan, naïf dan emosinya labil, mungkin masih ababil kali ya hehehe,terkesan kayak anak kecil. Saat Tendo mengumpulkan Zecter Rider lain terus kok setelah itu jadi terpencar pencar ngak jelas. Asal muasal Punch Hopper dan Kick Hopper juga tidak diketahui dari mana. Ohiya Tendou kan tidak punya ortu lagi, terus darimana dia dapat duit buat nyambung hidup ama adiknya?

  1. Ryuuki
Kelemahan Ryuuki adalah kurang menonjol dibanding Knight, pun sama halnya untuk profilnya shinji(ryuuki) kalah dibandingkan dengan Rein(Knight) baik segi ketokohan, idola juga masalah yang diangkat dalam serial ini. Dalam pertarungan juga demikian. Bahkan diepisode terakhir Ryuuki pun mati duluan dan Knight lah yang mengalami pertarungan puncak dan menang. Mungkin akan lebih baik jika judulnya diganti menjadi Kamen Rider Knight, hehehe idola saya je itu. Oh iya jika diperhatikan kayaknya sosok kenzaki shirou terlalu jenius dech dengan menciptakan Kamen Rider di dunia cermin, terus darimana monster yang menyerang manusia muncul, sementara dicerita monster yang digambar oleh yui hanya monster yang digunakan oleh para Rider dech. Terus di forum n gambar banyak muncul tentang Noir(black garuda) itu tidak pernah dijelaskan. Kupikir Noir adalah Rider ciptaan Yui sendiri terapi sampai sekarang juga belum jelas.

  1. Faiz
Satu satunya kelemahan di Kamen Rider Faiz adalah ceritanya yang kurang panjang hehehe. Karena cerita Faiz mamang yang paling menarik untuk diikuti, namun endingnya kayak terlalu dipercepat. Saya rasa Faiz harus diperpanjang 1 atau 2 tahun lagi hehehe , , , . Ohya sebagian kecil dari Faiz yang jadi pertanyaan, apakan motor Faiz itu punya kecerdasan buatan soalnya pada saat sabuk Faiz direbut dan digunakan orponoch motornya beruban jadi robot terus ngerebut sabuknya kembali, kalo tidak salah terjadi di terowongan, tapi lupa episode berapa, juga pada beberapa episode motornya(dalam bentuk robot) muncul dan ikut bertarung melawan orponoch. Satu lagi saat Faiz berubah form menjadi Blaster kenapa dia Takumi langsung tau cara menggunakan kekuatannya.


  1. Motor
Untuk point satu ini dapat dikatakan sebagai point minus semua Kamen Rider era hensin. Kamen Rider dari namanya saja sudahlah jelas maksudnya, Kamen = topeng, Rider= pengendar. Atau kurang lebih pengandara bertopeng gitu. Tecatat hanya beberapa Kamen Rider sajalah yang aktif wira-wiri pake motornya(sering kelihatan make motor), itupun kebanyakan sebagai alat transportasi saja, sangat jarang digunakan sebagai alat/sarana penunjang pertarungan. Motor seolah hanya sebagai aksesoris tambahan saja, tidak mengambil peran dalam pertarungan, padahal jika motor diberikan peran lebih banyak sebagai sarana penunjang Rider dalam membasmi monster pasti setiap seriesnya menjadi makin keren.
  1. Final Form
Salah satu cirri khas Kamen Rider era Heisei adalah adanya bentuk final dari Kamen rider. Biasanya form ini merupakan form terkuat dari Kamen rider yang ada. Hal ini merupakan kelebihan era Heisei dibanding Showa. Namun jika dicermati ada beberapa titik yang menjadi kekurangan. Kemunculan final form biasanya membuat Rider “manja” karena biasanya setelah memiliki final form mereka akan sering memakainya untuk bertarung meskipun menghadapi musuh yang biasa saja. Untuk kali ini seertinya menjadi poin plus Kamen rider Kuuga dan Agito. Selain final form yang muncul secara bertahap, final form mereka juga tidak muncul terlalu cepat(diakhir seri) dan juga kekuatan yang dimiliki digambarkan benar benar berbeda dari form sebelumnya.

  1. Cewek
Kita ketahui bersama bahwa dalam setiap series Kamen Rider Heisei selalu ada sosok seorang perempuan minimal satu yang mengikuti cerita Kamen Ridennya. Dia seolah menjadi pemain pendukung yang wajib ada diKamen Rider series. Namun hal ini boleh dibilang sebuah point plus tersendiri dari Kamen Rider era heisei. Mungkin karena yang bikin tau bahwa penikmatnya anak muda(cowok) yang remaja remaja kebanyakan jadi ya dikasih yang seger seger gitu.

Mungkin cukup sekian dulu pembahasan yang bisa saya sajikan kali ini. Terimakasih.

12 komentar:

  1. Tambah satu lagi plote hole untuk Kiva gan, itu digambarkan megumi kan lebih tua dari wataru sedangkan pas ayahnya wataru mau mati di pangkuan maya/ibunya watru, ibunya megumi/yuri belum juga mengandung megumi
    agak aneh kan

    BalasHapus
  2. Di Blade ada kejanggalan,mungkin pada nggak tau atau lupa cz cman plote kecil, saat blade mengalahkan king undead dia pake 2 pedang, nah itu dari mana, kalo dilihat sekilas itu terlihat pedang balde biasa ama pedang blade jack form. Padahal saat berudah jadi jack form pedangnya berubah juga atau nggak berganti. Jadi nggak punya 2 padang seharusnya

    BalasHapus
  3. saya mau jawab tentang cerita kamen rider den-o
    yg kata anda kurang jelas
    jadi gini imagin adalah monster adalah monster yg di ciptakan oleh saya juga lupa pokoknya ada di episode terakhirnya ketika dia ingin menghancurnkan imagin yang di miliki ryoutarou
    tujuannya adalah untuk menghancurkan waktu yg sudah lampau cara nya dengan masuk melalui manusia
    kenapa imagin harus memasuki manusia?
    karena ketika survey nya kepada manusia selesai
    maka sudah terbuka lorong waktu jadi imagin
    masuk ke memory otak manusia itu jadi dia dapat masuk ke dunia tempat,tahun,tanggal nya sama dengan yg di ceritakan
    jika imagin di serial kamen rider den-o
    tidak menyelesaikan survey maka dia akan mencari orang lain atau berubah menjadi sinar yg akan menjadi imagin baru
    mengapa ada beberapa imagin yang menyerah kan kebebasan nya kepada ryoutarou?
    dari 4 imagin yg dipunyai ryoutarou
    hanya 1 yg tidak sengaja terikut oleh ryoutarou
    yaitu kintaros
    kintaros sebenarnya adalah imagin dari orang lain
    imagin kintaros ini memiliki sifat yg ala-ala jepang gitu deh.. contoh sumo
    pas kintaros ingin menyelamat kan tuannya itu dia tertimpa oleh batu bekas tebing yg di lempar oleh imagin yg jahat (imagin lain) kintaros ingin mati tetapi ryoutarou datang untuk menyelamatkan kintaros
    nahh ituu..
    kalo wing from itu saya setuju dengan pandapat anda
    karena sampai sekarang masih bingung
    kalau soal ryoutarou mendapatkan from liner
    jadi gini
    saat routarou berubah menjadi sword from tiba-tiba
    belt nya error trus berubah jadi yg awal
    karena tidak bisa ganti form akhirnya 4 imagin itu mengirim sebuah sword yg di gambar oleh ryutaros
    gitu akhirnya bisa berubah
    kalau imagin sudah menyelesaikan kontrak nya
    dia kan pergi ke masa lalu dia juga gk banyak buat kerusakan sih dia buat kerusakan tujuannya untuk
    megubah takdir
    misal jika imagin membunuh seorang cewe di masa lalu
    jadi dimasa depan cewenya gk ada seharusnya kan ada
    nah gituu....













    BalasHapus
  4. sankyuu gan atas tambahan infonya

    BalasHapus
  5. kamen rider top bnget lah

    BalasHapus
  6. All Rider era Showa, Kuga & Agito... itu aja idola abadi gw.. kalo boleh dibilang makin lama makin nggak jelas rider2 yang sekarang.. mo Transform aja ribetnya minta ampun, udah gtu ada aja tingkahnya... setau gw yang namanya kamen rider itu ramah2... kalo sekarang kamen ridernya pada ababil semua... songong2... gw jadi eneg nontonnya...

    BalasHapus
  7. Saya juga mau nambahin gan soal kamen rider DeCaDe, jadi gini di kamen rider decade itu mempunyai beberapa duania alternatif, jadi yang dijelajahi Tsukasa dkk itu merupakan dunia alternatif yang berbeda dengan serial rider sebelumnya, dengan kata lain rider dunia alternatif dan rider dunia aslinya(dunia serial) sama sama exist. Buktinya bisa agan lihat di episode 8-9 kalau gak salah, itu nyeritain tentang kamen rider Blade yang bernama Kazuma Kendate sedangkan pada episode terakhir DeCaDe(episode 31) disitu juga di ceritain tentang Kamen Rider Blade yang original yaitu Kazuma Kenzaki. Bukti lainnya juga dapat dilihat dari Wataru yang original dan Wataru dari dunai alternatif yang sama sama ada di serial ini....

    BalasHapus
  8. Kenapa gak ada yang henshin pakai kekuatan alami lagi ya?semua pasti pakai alat sekarang...semoga saja kamen rider ditahun tahun berikutnya tidak mengecewakan deh...kalo boleh saran gue pengen bikin kamen rider dengan thema cerita 12 bintang yang ada kira kira gimana bentuknya ya...?

    BalasHapus
  9. sekarang ada kamen rider indonesia, akhir juni ini tayang di MNC (klo ngk salah), BIMA KSTRIA GARUDA....

    BalasHapus
  10. KAMEN RIDER WITCH AMA GAIM GMN ??? G DISEBUTIN NIH ??? WKWKWKWKKW

    BalasHapus
  11. sebenenrnya klo kostum mah terserah yg bikin,,klo yg bikin niatnya ky gtu ya psti gtu,kita mah cm bisa mnonton,,,, klo mnurut ente amburadul,,coba ente bikin filmnya dan bandingkan dgn semua seri kamen rider yg di maksud,,,,,saya yakin buatan ente lbih amburadul,,,,,maaf yah cuma menanggapi keluh kesah ente,,,,,klo mnurut ente hrusnya bgini / hrusnya gimana sesuai keinginan ente,,yaudah bikin aja sendiri kamen ridernya trus bkin deh filmnya,,tar ane nilai deh karya ente klo hasilnya lebih bagus dri kamen rider diatas... cobalah hargai penciptanya,,jgn hanya mngkritik amburadul atau gimana,,klo mw kritik negatif ya jgn ngoomong amburadul,,kesannya mnghina pembuat nya asal2an,,, gitu2 jg hasil mikir bro,,,

    BalasHapus