Rabu, 19 Desember 2012

KAMEN RIDER ERA KETIGA

Walaupun sekarang sudah tidak lagi tayang di TV nasional namun takmenghalangi para penggemarnya untuk terus mengikuti setiap perkembangannya. Bukan hanya penggemar lama yang dulunya pada tahun 80-90an sempat nonton dari layar kaca, pengemar baru yang bahkan tidak sempat menonton dari layar kaca pun terus bermunculan. Tak ditayangkan dilayar kaca tak menjadi penghalang bagi penggemarnya untuk terus mengikuti perkembangannya. Kamen rider sendiri telah melewati 2 jaman tersendiri, era Swowa dan era Heisei. Perbedaan jaman ini karena adanya peralihan kekaisaran(katakanlah pergantian pemimpin Negara). Untuk era Showa memang penayangan Kamen Rider di Jepang sendiri vakum untuk beberapa tahun, memasuki era Heisei (baru tahun 2000 mulai tayang series pertama) hingga saat ini tiap tahun selalu tayang dan konsisten. 

Hingga saat ini (Kamen Rider Wizard) terhitung sejak penayangan series perdana Kamen Rider Kuuga(series pertama di era Heisei) terhitung sudah 14 series yang ditayangkan. Semenjak tayangnya Kamen Rider W(daburu), Kamen Rider sekarang ini sering disebut Kamen Rider Heisai kedua. Karena di Jepang belum ada perubahan kakaisaran maka nama jaman pun belum berubah jadi untuk mudahnya disebut era Heisei kedua (2nd Heisei).
Okey, kenapa Kamen Rider sekarang ini disebut era 2nd Heisei, mari kita coba menganalisinya. Bebarapa alasan yang ada adalah sebagai beikut :
Henshin Belt. Sejak Kamen Rider Decade, henshin belt yang digunakan menggunakan memiliki sebutan khusus, "Driver".

Sidekick/partner dari Kamen Rider tersebut adalah sosok yang menyerupai manusia, akan tetapi ia bukanlah manusia. Seperti Philip yang merupakan pemilik dari True Gaia Memory, Ankh yang merupakan sosok Greeed tipe burung yang sempat meminjam tubuhnya Shingo Izumi, dan Kengo yang merupakan avatar dari Core Switch. Koyomi masih menjadi misteri, apakah ia adalah pemimpin rahasia dari para Phantom.


Movie Wars. Setiap penghujung tahun, terutama bulan Desember, adalah bulan yang paling ditunggu: crossover! Movie Wars adalah movie crossover yang menggabungkan antara Kamen Rider yang sudah selesai masa tayangnya, dengan Kamen Rider yang masa tayangnya masih berjalan. Pada porsi cerita Kamen Rider yang sudah selesai masa tayangnya, menceritakan apa yang terjadi setelah serial TV-nya berakhir. Sedangkan yang masa tayangnya masih berjalan, memiliki seting antara episode X dengan episode Y.

Summer Movie. Movie ini merupakan spin-off side-story yang paling dinantikan. Jika dulunya movie Heisei Kamen Rider adalah berupa alternate continuity serta "what if" scene, maka movie ini adalah berupa side-story. Jika movie sebelumnya dirilis pada saat pertengahan episode, maka movie yang ditayangkan pasca Decade adalah menjelang akhir seri. Di movie ini sendiri, juga menjadi ajang untuk "pamer" kemampuan baru pada masing-masing Kamen Rider itu sendiri. Selain itu, juga dimunculkan Kamen Rider baru yang dengan mudahnya menghajar musuh utama dari seri itu, sebagai bagian dari promosi.


Rider selapas Decade digambarkan berada dalan 1 dunia(sebelum Decade mereka berada didunia yang berbeda). Semanjak Kamen Rider W, saat episode terakhir selalu ada “screen” yang berhubungan dengan Kamen Rider yang akan tayang. Masih ingat kan tentang penelitian medal di episode’’ akhir kamen rider W, Yuki dan kenggo yang lagi jalan jalan sambil memegang switch di episode Kamen Rider OOO dan Haruto yang menganakan cincin saat Shun melamar Miu

Gadget support. Masih ingat dengan kamera yang bias terbang kayak kelelawar di Kamen Rider W, kaleng minuman yang bias berubah jadi macam macam bentuk dan fungsi di Kamen Rider OOO, macam macam robot kecil dengan bentuk fast food di Fourze dan yang paling baru Kraken, Garuda dan Unicorn di Kamen Rider Wizard. Sebenarnya gadget support sudah ada di Kamen Rider Hibiki, namun karena hal tersebut tidak “dilestarikan” jadi hal ini menjadi ciri khas Kamen Rider saat ini.
Well itu tadi adalah beberapa analisin mengenai “tradisi baru” Kamen Rider Heisei yang sekarang. Sekarang mari kita lihat (analisis ane) mengenai korelasi siries pertama era Heisei dengan series pertama era 2nd Heisei

Kamen Rider Kuuga dengan Kamen Rider W

Kedua series ini bisa disebut sebagai Kamen Rider “come back”. Kuuga adalah Kamen Rider yang tayang setelah beberapa tahun series Kamen Rider tidak ditayangkan, sedangkan W dikatakan come back dari segi form yang merupakan form “dasar” dari kamen rider tanduk kecil menyerupai antenna serangga, kepala dengan mata besar dan armor yang sederhana plus syal, ciri khas kamen rider era showa. Ending kedua series ini juga memiliki kesamaan dimana pertempuran puncaknya sama sama terjadi pada 1 episode sebelum episode endingnya. Episode endingnya bisa dikatakan hanya sebagai pelengkap saja.

Kamen Rider Agito dengan Kemen Rider OOO



Villain di kedua series ini sama sama mengincar manusia” khususu. Villain di Kamen Rider Agito mengincar manusia manusia yang merupakan calon Agito untuk dimusnahkan sementara villain di Kamen Rider OOO para greed mengincar manusia dengan hasrat yang tinggi(walau bukan untuk dibunuh), dikedua series ini juga ada saat sata “penciptaan” monster, walaupun di Kamen Rider Agito jarang diperlihatkan. Second rider di kedua series ini sama sama menggunakan pistol sebagai senjata utama mereka. Selain itu pada episode episode akhir di Kamen Rider Agito memunculkan Keman Rider G3 dan G3-X berdampingan walau tidak sampai beraksi, di Kamen Rider OOO juga memunculkan Kamen Rider Bitrh dan Kamen Rider Proto Bitrh dan kali ini mereka berdua terlibat dalam pertarungan. Pemeran utama kedua series ini (soichi dan eiji) juga pernah menjadi second rider walau hanya sebentar, serta perubahan pengguna second rider dikedua series merupakan kemiripakan kemiripan lain dari kedua Kemen Rider ini.

Kamen Rider Ryuki dengan Kamen Rider Fourze

Mencari kemiripan dari kedia series ini memang agak susah, tapi tidak bias dikatakan tidak ada(walau agak maksa hehe). Okey, masih ingat detik detik gentaro meninggal(walaupun akhirnya hidup lagi) karena diserang Meteor, nah hal itu mengingatkan ane dengan meninggalnya Shinji. Pemeran utamanya sama sama dikisahkan meninggal, keduanya pun nantinya bangkit lagi. Tujuan awal Ryusei Sakuta menjadi rider adalah untuk menyelamatkan teman/sahabatnya, sama seperti Rein yang bertarung untuk keselamatan kekasihnya.

Kamen Rider Faiz dengan Kamen Rider Wizard
Kamen Rider terbaru yang caritanya sedang berjalan sekarang adalah Wizard. Karena masih awal maka belum banyak yang dapat dijadikan bahan disini, hanya ada beberapa. Orponoch dan Phantom terlahir setelah manusianya mati, dan tidak semua manusia bisa menjadi Orponoch pun demikian dengan Phantom. Phantom dan Orponoch juga memiliki wujud manusia dengan tubuh sebelum berubah menjadi Phantom or Orponoch. Faiz gear hanya bisa dipakei oleh Orponoch, sementara Wizard adalah manusia yang memiliki Phantom didalam dirinya. Autovajin dapat bertranformasi menjadi robot, machine winger walau tida dapat bertransformasi namun dapat digabungkan dengan wizarddragon untuk melawan Phantom di Underword

2 komentar: