Jumat, 08 Juli 2011

THE BEST 5 KAMEN RIDER Heisei

Kamen Rider adalah tokoh pahlawan fiktif yang memiliki kekuatan super dengan kostum yang keren, dan bertugas melindungi umat manusia dari serangan monster. Bagi masyarakat Indonesia awam bisa dibilang mirip dengan Power Rangers, karena Power Rangers lebih terkenal dari Masked Riderjadi kita umpamakan mirip dengan PR, walau Power Ranger sebenarnya adalah adaptasi dari Super Sentai(jagoan Jepang juga, PR cuman beli lisensi SS). Era pertama Kamen Rider adalah Kamen Rider Showa, dimulai dengan kemunculan Kamen Rider Ichigo pada tahun 1971 hingga kamen Rider Black RX di tahun 1989(meskipun ada juga seri Kamen Rider era Showa lain yang muncul setelahnya di tahun 90an).

Era Kamen Rider Heisei dimulai dengan munculnya Kamen Rider Kuuga ditahun 2000. Kemudian muncul seri Kamen Rider Heisei lain dan berlanjut sampai sekarang ini. Kamen Rider telah mengambil tempat tersendiri di hati parta penikmatnya. Bagi GenyeZ sendiri Kamen Rider adalah sebuah tontoan yang spesial. Oleh kerena itu pada kesempatan kali ini GenyeZ akan mengulas mengenai Kamen Rider terbaik era Heisei(fersi GenyeZ) walaupun Kamen Rider era Showa juga tak kalah kerennya.

5. KAMEN RIDER AGITO

Kamen Rider Agito adalah Kamen Rider Heisei kedua setelah Kuuga. Muncul pertama kali pada tahun 2001. berkisah tentang pemuda amnesia bernama soichi tsugami yang mampu bertransformasi menjadi mahkluk super bernama Agito, sementara itu di tempat lain seorang pemuda bernama ashihara ryou mengalami nasib serupa dengannya yang mengakibatkan dirinya dijauhi oleh orang sekitarnya bahkan pacarnya sendiri hingga ia berhenti kuliah. Jika dilihat dari segi kotum Kamen Rider Agito mirip dengan Kamen Rider Kuuga, sepintas hanya terdapat perbedaaan warna. Kamen rider agito berkisah tentang jepang beberapa tahun setelah Kamen Rider Kuuga menghilang.
Latar belakang dari Kamen Rider Agito adalah pertempuran 2 dewa ribuan tahun yang lalu. Dewa kagalapan, digambarkan dengan pakaian yang serba hitam melawan dewa cahaya, dengan pakaian putih. Saat dewa cahaya hampir kalah ia membagikan seluruh kekuatannya kepada manusia, bagi manusia yang mampu membangkitkan kekuatan ini dia akan menjadi Kamen Rider Agito. Selanjutnya dewa kegelapan dengan monster monsternya melakukan perburuan kepada manusia yang memperoleh kekuatan dari dewa cahaya. Mereka membunuh calon calon Agito dan memburu Kamen Rider Agito sendiri.
Kamen Rider Agito, GenyeZ anugerahin posisi ke-5 mengingat kostumnya yang seolah nyontek Kuuga, selain itu jurusnya juga kurang efek, walau jalan ceritanya yang bagus namun pengambilan pertempuran dewa dirasa agak kurang pas.

4. KAMEN RIDER BLADE

Kamen Rider Blade ditayangkan pertama kali di tahun 2004 ini mempunyai konsep dan ide dasar yang menarik. Tentang legenda manusia dan para Undead yang berlangsung sejak dahulu kala, juga konsep menyegel setiap undead (monster dalam serial ini) yang berhasil dikalahkan ke dalam kartu. Uniknya lagi, para Kamen Rider dapat menggunakan kartu tersebut untuk meminjam kekuatan dari Undead yang berhasil dikalahkannya. Lebih uniknya lagi, kartu tersebut dapat di combo untuk menghasilkan kekuatan yang lebih mantap dan bahkan berubah ke tingkat yang lebih kuat untuk mengalahkan setiap musuh yang ada. Dahsyat.

Dinilai dari segi kosutum Kamen Rider Balde, bisa dikatakan cukup keren namun tetap proporsional (tidak kebanyakan aksesoris). Munculnya kekuatan baru setelah menyegel undead merupakan salah satu yang ditunggu ditiap serinya. Namun sayang jalur cerita Kamen Rider Blade yang terkesan polos, ditambah l;agi banyak hal dan konflik yang meniru Kamen Rider sebelumnya menjadikan cerita Blade gampang diprediksi. Maka Kamen Rider Blade menempati rangking ke-4 sebagai Kamen Rider Terbaik, sekali lagi fersi GenyeZ.

3. KAMEN RIDER KABUTO

Pertama kali muncul pada tahun 2006. Sejak kemunculan pertamanya Kamen Rider Kabuto telah digambarkan sebagai Kemen Rider yang sangat kuta. Seiring dengan mengalirnya cerita kekuatan Kamen Rider Kabuto pun semakin betambah seperti sistem Clock-Up yang mampu membuatnya bergerak lebih cepat dan sistem Hyper clock-Up yang bahkan membuat Kamen Ridernya dapat memutar waktu dan kembali ke masa lalu.
Dari segi kostum, Kamen Rider Kabuto bisa dikatakan bagus, keren penuh warna. Walau kostum awalnya agak kebesaran kelihatannya namun pada saat cats off kastum berubah menjadi keren, perubahan kostumnya pun bisa dibilang sangat keren. Jurus yang dipakai dipadukan dengan efek fisual yang membuatnya semakin terlihat menarik. Sanyangnya baik tokoh maupun Kamen Ridernya sendiri digambarkan terlalu sempurna, hal ini membuat pertarungan yang ada terlihat biasa saja dan kurang greget. Sama halnya dengan sosok Tendou(Kabuto) yang terlalu beruntung dan bisa melakukan apasaja dengan baik jadi kadang terkesan membosankan. Ceritanya yang terkesan ringan dengan intrik dan misteri yang minimal menjadikan Kamen Rider Kabuto kurang berbobot. Oleh karena itu maka Kabuto cukup mendapat posisi ke 3.

2. KAMEN RIDER RYUKI

Merupakan Kamen Rider Heisei ke-3, pertama kali muncul pada tahun 2002. Sejak kemunculan pertamanya Kamen Rider Ryuki telah menunjukkan kehas-annya yang berbeda dengan seri Kamen Rider lainnya. Dimana Kamen Rider Ryuki mengambil kekuatan dan bentuk dari naga, hal yang belum pernah dilakukan. Cerita pertarunggan dengan monsternya pun berbeda dengan Kamen Rider lain dimana pertarungan berlangsung dalam dunia cermin. Jalan cerita Kamen Rider Ryukilah yang dikatakan menggebrak dan dapat dikatakan inspirator Kamen Rider selanjutnya. Disini diceritakan ada 13 Kamen Rider yang bertarung satu sama lain untuk memperoleh gelar sebagai Rider terkuat dan mendapatkan keinginannya. Konflik antar Rider dan pertempuran dengan monster pun digarap dengan apik dimana tiap Rider memiliki tujuan yang berbeda dalam bertarung. Jurus dari tiap Rider pun berbeda juga senjata yang digunakan.
Kamen rider Ryuki memiliki 3 ending berbeda(sebenarnya hanya 2)  yakni ending serial tv, ending spesial Kamen Rider Ryuki : 13 Rider, dan ending movie-nya yang berjudul Kamen rider Ryuki : Episode Final yang memukau. Sekedar catatan. Sayangnya ending dari Kamen Rider Ryuki tidak sesuai harapan, baik harapan para Rider yang bertarung maupun harapan GenyeZ sendiri. Namun endingnya dapat dikatakan kuat, juga cukup memuaskan karena sesuai dengan konflik cerita yang dibawakan. Namun dalam ceritanya Kamen Rider Ryuki kurang mengambil peran dalam pertempuran Rider, hal ini mungkin karena Kemen Rider Ryuki sendiri yang tidak menghendaki pertarungan antar rider. Hal tersebut menyebabkan Kamen Rider Ryuki kurang mantep (saat bertarung) dibandingkan Kamen Rider lain dalam serial ini. Tokoh manusianya pun ditampulkan dengan sifat kocak (agak naïf), bodoh namun baik hati mirip dengan tokoh manusia dalam Kamen Rider Kuuga.
Dengan segala hal diatas rasanya Kamen Rider Ryuki sangat layak menempati posisi ke-2 sebagai The Best of Kamen Rider

1. KAMEN RIDER FAIZ

Kamen Rider Faiz atau 555 muncul pertama kali pada tahun 2003. Dimulai dari insiden yang tidak disengaja yang menyebabkan tokoh utamanya(Inui Takumi) memperoleh sabuk(hasil penelitian berteknologi tinggi) yang mengubahnya menjadi Kamen Rider Faiz. Jika dilihat dari segi kostum memang Kamen Rider Faiz, ataupun Kamen Rider lain dalam seri ini dikatakan biasa biasa saja. Tetapi jika dicermati, saat berubah, dari sabuk mengalir garis garis cahaya yang kemudian mengubah pemakainya menjadi Kamen Rider menurut GenyeZ sangatlah keren. Jurus yang dipakainya pun bisa dianugerahi 2 jempol, dimulai dari motor yang bisa berubah menjadi robot hingga jurus tendangan akhirnya yang dipenuhi efek cahaya membuatnya sangat ciamik.

Jalan cerita tiap serinya pun sangat konplek dan menuntuk penikmatnya untuk terus mengikutinya. Persaingan dari tiap tiap Rider maupun konflik dari tiap tokohnya menjadikan menontonnya ikut terbawa oleh alur cerita yang disuguhkan. Bahkan misteri misteri yang kontrofesrial seperti tokoh utamanya yang ternyata adalah monster(orpnoch) menambah sajian Kamen Rider Faiz semakin menggiurkan untuk disimak. Hal menari lainnya adalah tokoh Orponoch yang tidak semuanya jahat, bahkan ada yang menjadi tokoh pendamping utama dalam perjalanan cerita Kamen Rider Faiz sendiri.
Dengan segala bentuk pertimbangan dan penilaian rasa rasanya tidak aneh jika Kemen Ride Faiz menempati posisi puncak dan layak dinobatkan sebagai THE BEST OF KAMEN RIDER

Tidak ada komentar:

Posting Komentar